Saturday, 19 February 2011

MARKETING GLOBAL YANG MURAH DAN EFISIEN DENGAN INTERNET (essay kewirausahaan)



ESSAY KEWIRAUSAHAAN
MARKETING GLOBAL YANG MURAH DAN EFISIEN  DENGAN INTERNET

OLEH

FELLOVY ANADRA
0810512061



JURUSAN ILMU EKONOMI
UNIVERSITAS ANDALAS
PADANG
  2010 

PENDAHULUAN
Tak dipungkiri lagi pada zaman yang serba cyber ini, semua kegiatan tidak terlepas dari sistem komputerisasi. Mulai dari hal yang paling simple sampai pada hal yang sangat rumit seperti sistem pertahanan pemerintahan suatu negara. Dan bisnis juga mengambil peranan dengan perkembangan teknologi ini.
Salah satu keuntungan komputerisasi dan networking sekarang bagi sektor bisnis adalah orang-orang perusahaan sekarang lebih mudah memasarkan barang-barang dagangan atau produksinya melalui internet. Saat ini banyak sarana yang memungkinkan para pebisnis menawarkan barang-barang jualannya melalui internet secara gratis, jadi bisa dibilang para pebisnis sekarang tidak perlu lagi memiliki sebuah toko untuk menjajakan barang dagangannya, karena wahasa seperti Blog, Facebook, dan jejaring sosial lainnya dapat digunakan sebagai sarana promosi, melihat kepada pengguna internet yang semakin meningkat.


INTERNET MARKETING
pada umumnya. Yang membedakan adalah kita menggunakan internet untuk memasarkan produk. Misalnya, anda menjual produk dengan memakai website sebagai "toko" online anda. Atau bisa juga anda pasarkan lewat mailing list dan forum-forum di internet.
Lebih efektif mana? Dengan internet atau cara konvensional?
Tiap cara pemasaran punya kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan sifat medianya. Efektif atau tidak, lebih banyak ditentukan oleh bagaimana cara kita memaksimalkan kelebihan dan meminimalkan kekurangan cara pemasaran yang dipilih.
Seperti pada internet marketing, misalnya. Internet punya kelebihan terutama di segi modal awal dan biaya operasional yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan cara konvensional.
Kelemahannya, orang lebih berhati-hati untuk membeli karena mereka hanya bisa melihat tampilan produk tanpa bisa "merasakannya".
Seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, perilaku manusia pun mulai berubah. Aplikasi budaya dan tradisi yang telah diterapkan dari masa ke masa pun mulai bergeser sesuai dengan perkembangan zaman. Maka dari itu penting bagi masyarakat untuk beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang ini. Perusahaan – perusahaan mulai melihat munculnya perubahan perilaku karena adanya teknologi baru ini. Mereka mulai memutar otak bagaimana caranya agar barang atau jasa yang mereka jual dapat dibeli oleh konsumen dan memicu timbulnya brand loyalty. Untuk mencapai tujuan utama perusahaan tersebut, dibutuhkan program pemasaran yang dapat menyentuh target pasar dengan tepat sasaran. Pembaharuan dalam sistem pemasaran pun akhirnya dilakukan.
Pada waktu silam, pemasaran yang dilakukan melalui old media, yaitu koran, majalah, brosur, dan sebagainya. Sampai pada akhirnya muncullah teknologi internet. Internet merupakan media baru yang saat ini namanya sudah tidak asing lagi didengar masyarakat. Pada zamana globalisasi saat ini, masyarakat di seluruh dunia dituntut untuk menguasai internet. Dengan internet, komunikasi menjadi tidak terbatas. Orang dapat berkomunikasi dengan mudah antar satu negara dengan negara lainnya. Internet dapat digunakan oleh perusahaan sebagai bagian yang integral dari konsep pemasaran modern karena internet dapat digunakan untuk mendukung jangkauan penuh dalam fungsi organisasi dan merupakan proses transaksi penjual dan pembeli dengan cara baru. Internet juga merupakan media komunikasi yang sangat kuat dan mengintegrasikan fungsi – fungsi yang berbeda dalam perusahaan. Kemudian, internet memfasilitasi manajemen informasi, yang sekarang meningkat dan menjadi alat pendukung dalam strategi pemasaran.
Selain itu, internet merupakan bentuk visi perusahaan yang berdampak signifikan dalam sebagian besar aplikasi bisnis perusahaan. Dengan internet, profil perusahaan menjadi terbuka sehingga segala kegiatan perusahaan dapat dengan mudah diketahui oleh perusahaan kompetitor. Pemasar melihat adanya kesempatan meluaskan potensi penjualan produk dan menerapkan konsep pemasaran modern dengan memanfaatkan internet karena sebagian besar masyarakat mulai menggunakan internet dalam kehidupan sehari – hari mereka. Hal ini dikenal dengan konsep internet marketing (pemasaran internet) yaitu penggunaan internet dan teknologi digital lainnya yang dapat digunakan untuk meraih tujuan pemasaran dan mendukung konsep pemasaran modern.
Teknologi ini termasuk media internet dan media digital lainnya yang menggunakan kabel dan satelit bersamaan dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai dengan penggunaan media digital.Pemanfaatan internet oleh pemasar dapat terlihat jelas pada bagian periklanan produk. Iklan – iklan produk dan jasa yang dibuat oleh perusahaan tertentu sudah dapat mulai kita lihat dalam berbagai website. Misalnya dalam situs Facebook, di sisi sebelah kanan halaman website dalah terlihat berbagai iklan yang menawarkan produk maupun jasa. Proses pemasangan iklan pada Facebook pun mudah dilakukan dengan mengikuti langkah dan aturan tertentu yang sudah ada. Ini merupakan tantangan untuk para pemasar untuk membuat iklan semenarik mungkin agar dapat menjadi top of mind para pengguna akun Facebook. Kesempatan pemasaran dalam internet dapat dipelajari dalam strategi pemasaran yaitu proses menentukan target pasar baru. Internet dapat digunakan untuk meraih empat tujuan stratejik, yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, dan diversifikasi.
Pada penetrasi pasar, internet dapat digunakan untuk menjual produk yang sudah ada lebih banyak pada pasar. Ini dapat dicapai dengan menggunakan kekuatan internet dalam mengiklankan produk untuk meningkatkan kesadaran konsumen (awareness) dan membangun profil perusahaan kepada konsumen potensial dalam pasar yang sudah ada. Dalam pengembangan pasar, internet digunakan untuk memperkenalkan produk ke dalam pasar yang baru. Internet mengikis jumlah pengeluaran yang mungkin dikeluarkan perusahaan, karena apabila perusahaan melakukan pemasaran hanya dengan old media saja akan memakan biaya dalam jumlah besar. Kemudian dalam pengembangan produk, produk baru dapat dikembangkan dan dijaga awareness-nya dengan meggunakan internet. Pengembangan dalam fitur produk pun dapat dilakukan dengan internet, hal ini dapat kita lihat dari munculnya cara pembayaran dengan menggunakan kartu kredit sehingga calon pembeli tidak usah repot melakukan transaksi jual beli secara langsung. Pengembangan produk ini juga dapat kita lihat dalam munculnya berbagai online shop di internet. Calon pembeli tidak usah repot – repot berjalan dan berkunjung secara langsung ke toko tertentu untuk melakukan pembelian. Kemudian diversifikasi adalah produk baru yang dikembangkan dan telah terjual pada target pasar yang baru. Dalam meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya perusahaan, internet juga dapat digunakan dalam meraih keuntungan fungsi pemasaran. Dengan meningkatkan awareness suatu merek atau produk, internet menjadi salah satu faktor pendukung keputusan membeli sehingga meningkatkan penjualan. Ketersediaan customer service pun bertambah pada perusahaan dalam sisi internet, konsumen dapat memberikan kritik dan saran dengan mengirimkan email dengan internet. Kemudian, internet juga digunakan sebagai perantara baru untuk public relations dan menyediakan kesempatan untuk menampilkan berita terbaru mengenai produk yang terkait. Kemudian, internet juga dapat digunakan untuk penelitian pemasaran yaitu dalam proses evaluasi dan merancang strategi pemasaran yang lebih baik.
Internet merupakan media baru yang perlu diperhatikan lebih dalam lagi oleh pemasar karena penggunaan internet oleh masyarakat sudah sangat signifikan. Dengan adanya internet, pemasar perlu melakukan berbagai strategi baru untuk meningkatkan awareness konsumen dan meningkatkan penjualan produk. Akan tetapi, dengan memaksimalkan pemasaran dalam dunia maya bukan berarti meninggalkan sistem pemasaran yang sudah ada.

MENGGUNAKAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI
Manfaat Facebook untuk Facebooker tidak hanya terbatas sebagai media untuk bersosialisasi dan connect dengan teman-teman, upload foto atau video, upload link dan main game. Tetapi anda bisa memanfaatkan fasilitas aplikasi Facebook Marketplace untuk mempromosikan dan jual beli produk dan jasa. Facebook Marketplace merupakan tempat promosi berbagai bentuk usaha secara gratis alias gak usah bayar.
Ini adalah alat pemasaran yang cukup efektif untuk eksposur bisnis di antara teman dan sesama pengguna Facebook. Mempromosikan bisnis melalui Facebook Marketplace merupakan bentuk promosi pemasaran agar aktivitas anda, terutama di bidang usaha dapat diketahui oleh teman-teman dan pengguna facebook lainnya. Siapa tahu anda yang tertarik tertarik dan menjadi panggang atau mitra kerja.
Saya berasumsi anda telah memiliki account Facebook. Untuk dapat mempromosikan produk atau usaha, anda harus log in ke account. Anda buka homepage Facebook cari aplikasi Marketplace yang terletak di bawah foto profil.
Anda akan menemukan beberapa kategori seperti sell item, rent, vehicle, real estate, jobs. Anda untuk memilih produk apa yang akan dipromosikan. Di artikel ini saya hanya ingin membahas tentang promosi bisnis dan jual beli produk melalui Facebook Marketplace.
Sebagai contoh jika anda ingin mempromosikan sebuah link (link afiliasi, blog, website dsb) anda perlu search jobs katagori. Setelah itu klik post listing. Dari situ anda akan melihat formulir yang perlu anda isi, mulai dari judul promosi sampai ke deskripsi.

BLOG SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PROMOSI
Tidak seperti pemasaran lewat Facebook, yang notabane para penggunanya selalu setiap saat mengakses akun Facebooknya masing-masing karena akan selalu muncul notifikasi yang menandakan adanya kegiatan yang melibatkan pengguna akun tersebut, sedangkan pada blog cara pemasaran disini adalah kita bisa menampikan lebih rinci berbagai macam apa yang akan kita promosikan karena pada blog ini menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya membuat blognya seperti situs pribadi dengan berbagai bahasa pemograman yang bisa diatus sesuka hati didalamnya.
Saat ini terdapat layanan blogging yang dapat dibuat secara gratis seperti Blogspot, Wordpress dan lain-lain, dan jika kita ingin membuat domainnya lebih menarik, kita dapat juga mengakses atau menggunakan domain gratis yang tersedia seperti co.cc, co, cz dan lain-lain.
Untu urusan tampilan dan layout blog lebih unggul dari Facebook atau social network lainnya, tapi permasalahan yang muncul kalau marketing menggunakan blog adalah bagaimana cara agar orang-orang bisa mengakses blog kita dan membaca apa saja isi yang kita tampilkan dalam blog tersebut.

Terdapat beberapa cara yang dapat membuat orang-orang mengunjungi blog kita, bebarapa diantaranya adalah:
a. Mendaftarkan blog kita agar keluar di search engine (Google)
Sampai saat ini search engine merupakan cara bagi pengguna internet untuk dapat menemukan suatu info yang dibutuhkanya. Dan dalam hal ini Google menempati peringkat pertama sebagai search engine yang paling sering diakses oleh pengguna internet. Jadi untuk itu kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog kita di Google agar blog kita teridentifiasi oleh mesin pencari ini.
b. Menjadikan blog kita sebagai Top Indeks di search engine.
Artinya disini adalah bagaimana langkah yang akan kita ambil agar blog kita menjadi salah satu situs yang paling depan ditampilkan oleh search engine tersebut. Terdapat beberapa trik agat blog kita bisa menjadi Top indeks selain sering dikunjungi, beberapa diantaranya adalah.
o Trik keywords yaitu trik pemilihan keyword yang tepat dan efektif agar pengunjug bisa diarahkan keblog kita. untuk mengetahui keyword yang efektif coba buka http://freekeywords.wordtracker.com/ dan ketikkan sebuah keyword . anda akan melihat berapa banyak orang yang mencari dengan keyword tersebut selama 365 hari terakhir.
o Mengatur fitur-fitur yang akan kita tampilkan didalam blog tersebut agar kecepatan loading dari blog tersebut dapat ditingkatkan karena itu merupakan salah satu penilaian agar blog kita “baik dimata search engine”.
o Dan yang pastinya selau meng-update isi blog kita dengan hal terbaru dan hangan dibicirakan yang memungkinkan orang-orang untuk mencarinya di internet.


MANFAAT INTERNET UNTUK BERBISNIS
Manfaat internet sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atau seorang pengecer.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:
a. Menciptakan basis bagi klien atau pelangganUntuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Iternet tersebut.

b. Analisa produk dan pasarInternet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di Internet. Pemakai Internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari ide-ide baru.

c. Nasehat dan bantuan pakar di bidangnyaTidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga sangat mahal.

d. Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerjaSekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkantenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.

e. Akses informasi dan penyebaran informasiMempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.

f. Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murahBerbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau perusahaan jasa lainnya.

g. Peluang bisnis baruBanyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering puladijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing. Dari forum-forum komunikasi tersebut sering pula menimbulkan ide produk yang baru dan inovatif. Banyak fasilitas aplikasi yang tersedia di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagai fasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para pemakai individual maupun profesiona atau bisnis.


KESIMPULAN
kemampuan internet untuk menyediakan integrasi produk secara vertikal adalah satu keuntungan yang mendasar. Persediaan, pembuatan produk, penjualan, distribusi barang dapat dilakukan secara global. Bidang perdagangan elektronik akan meningkat dengan menggunakan teknologi berbasis internet. Pada setiap tahap pengembangan produk, internet bisa menghemat waktu dan uang dengan cara memasukkan biaya beberapa proses ke dalam satu biaya saja dan mengurangi waktu untuk pemasaran. Karena adanya penyatuan secara maya (virtual), peran retailer akan bergabung dengan apa yang dilakukan oleh wholesaler, dan pelanggan akan semakin meningkat untuk mengadakan pembelian langsung dari pembuat produk. Hal ini akan membuat para pembuat produk menawarkan layanan mereka secara lengkap baik tipe maupun harga, langsung kepada pelanggan, yang sebelumnya hanya ditawarkan kepada pihak tertentu saja misalnya para retailer. Berkurangnya media di proses distribusi ini akan mengurangi harga penjualan, dan pemberian penghargaan kepada pemasar internet nantinya akan sangat sulit dilakukan.
Sebagai alat yang strategis, menggunakan internet akan menjadi hal yang wajib bagi setiap pebisnis atau perusahaan jika mereka beruha lebih memasarkan produk dan barang-barang dagangannya secara global, karena setiap orang di Dunia ini mayoritas telah menggunakan internet sebagai media pencari info, berita dan mereka lebih betah berlama-lama mengakses internet ini dari pada harus berkeliling pasar.

No comments:

Post a Comment